Info Kabupaten Kapuas

Mengumpulkan serta Berbagi Informasi dan Berita Tentang Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah

Pemkab Kapuas Proses 18 Desa Persiapan Menjadi Desa Definitif

pada 23 April, 2018

Pemkab Kapuas berupaya memproses 18 Desa Persiapan menjadi desa definitif. Ada banyak tahapan yang harus dilalui agar Desa Persiapan menjadi desa definitif.

“18 Desa Persiapan itu sampai dengan saat ini masih terus berjalan, artinya tidak berhenti dan jalan terus. Tim terus bekerja untuk melakukan penyempurnaan, serta berkoordinasi dengan pemerintah provinsi maupun pusat,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Ibak, baru-baru ini.

Menurut dia, ke 18 Desa Persiapan itu sesuai dengan peraturan yang ada, memiliki waktu tertentu sebelum menjadi desa definitif. “Aturan yang ada itu memang paling minim itu 1 tahun sampai dengan 3 tahun. Karena harus dilakukan persiapan, contohnya seperti harus memiliki persiapan termasuk tanah untuk kantor desa, layanan kesehatan, layanan pendidikan dan sebagainya.”

Sampai dengan ini pihaknya pun juga terus memonitor seluruh desa persiapan tersebut. Dia menyebutkan dari ke 18 Desa Persiapan yang ada semuanya seimbang terkait dengan kesiapan. “Tidak ada yang terlalu menonjol ataupun masih tertinggal. Karena ini masih dalam proses,” ungkapnya.

Memang di dalam undang-undang desa itu, bahwa untuk pemekaran bisa dilakukan asalkan sesuai dengan prosedur dan persyaratan. “Untuk syarat-syarat pun memang sangat ketat yang harus dipenuhi, jadi mereka semua yang ada di desa persiapan harus berjuang keras untuk bisa memekarkan desanya,” ucapnya.

Dia berharap, semua pihak dapat mendukung penuh desa persiapan, karena karena hal ini sangat baik dalam memberikan kemudahan pelayanan terhadap seluruh masyarakat. Untuk diketahui sampai dengan saat ini di Kabupaten Kapuas terdapat 214 Desa.

“Kami imbau, kepada camat juga untuk mendukung desa persiapan yang ada di wilayahnya dengan melakukan pembinaan, memonitor terus kemudian juga memberikan semangat dan dorongan. Karena ini penting untuk percepatan pembangunan,” tutupnya.

Sumber: https://www.borneonews.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: