Info Kabupaten Kapuas

Mengumpulkan serta Berbagi Informasi dan Berita Tentang Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah

Bersebelahan dengan Rumah Ibadah, Izin 10 Toko Miras Tak Diperpanjang

pada 26 April, 2018

Dari total 19 toko minuman beralkohol alias minuman keras (miras) yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Kapuas, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) tidak memperpanjang izin 10 toko yang ada. Hal itu sudah dengan berbagai pertimbangan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala DPM-PTSP Kabupaten Kapuas, Septedy bahwa pihaknya melakukan hal itu (tidak memperpanjang, red) berdasarkan hasil evaluasi dan rapat dengan organisasi mahasiswa beberapa waktu yang lalu. Apalagi keberadaan toko tersebut ada di perkotaan.

“Sesuai dengan rapat kami dengan HMI beberapa waktu lalu, khususnya difokuskan untuk dalam kota bisa dievaluasi dan akhirnya kami tidak memperpanjang izin-izin 10 toko minuman beralkohol, seperti yang ada di wilayah Kecamatan Selat dan Kapuas Hilir,” ungkap Septedy saat diwawancarai wartawan usai melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Kantor DPRD Kabupaten Kapuas, kemarin.

Ditambahkannya, rata-rata sebagian besar berjualan berdekatan dengan rumah ibadah dan lembaga pendidikan. “Untuk itu perlu didalami lagi, mengenai jarak radius berapanya masih akan dibahas lebih lanjut nantinya dalam rapat berikutnya,” ucap Septedy.

Sedangkan, bagi sembilan toko miras yang lain, pihaknya tetap melanjutkan perizinananya, dikarenakan berada di luar wilayah kota dan juga diperlukan dalam berbagai kegiatan adat masyarakat setempat.

“Memang sesuai dengan adat istiadat setempat ada beberapa masyarakat yang memerlukan minuman beralkohol untuk kegiatannya,” tutur Septedy.

Dia juga menyebutkan, untuk pembayaran pungutan dari hasil penjualan minuman beralkohol tersebut, langsung diserahkan kepada instansi terkait dalam hal ini Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Kapuas.

“Untuk nominal pungutan itu, sesuai dengan kapasitas toko penjualnya, sehingga setiap toko berbeda-beda dan itu langsung disetorkan ke BPPRD Kabupaten Kapuas,” tutupnya.

Sumber: http://kaltengpos.co

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: