Info Kabupaten Kapuas

Mengumpulkan serta Berbagi Informasi dan Berita Tentang Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah

DAD Kapuas Melaksanakan Ritual Tolak Bala Agar Pilbup Kapuas Berjalan Lancar

pada 26 Juni, 2018

Agar pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas berjalan lancar tanpa hambatan, Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas melaksanakan ritual berupa tolak bala, Selasa (26/6/2018) sore. Star kegiatan dimulai dari kawasan Jalan Sungai Kayu menuju ke kota, seperti ke beberapa permukiman padat penduduk.

Usai acara, Ketua DAD Kabupaten Kapuas, Talinting E Toepak yang dimintai komentarnya dalam kegiatan ini mengatakan, ritual ini berupa kegiaan adat dengan tujuan agar leluhur bangun dari tidur dan mengabarkan bahwa besok, Rabu (27/6/2018) ada kegiatan nasional dengan maksud agar acara Pilkada berjalan dengan lancar.

Untuk proses pelaksanaan ritual dengan menaburkan beras kuning ke jalan, sambil berjalan menuju ke permukuman-permukiman padat penduduk. Sehingga penduduk juga tahu ada kegiatan ritual. Mereka yang melakukan ritual dengan menggunakan mobil pikap atau bak terbuka.

 

“Acara seperti ini juga dilaksanakan di Kalteng, di mana di kabupaten dan kota yang juga melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati dan walikota. Mereka yang terlibat dalam acara ritual ini, seperti para damang, beberapa tokoh kaharingan serta batamat,”jelas Talinting E Toepak yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Kapuas beberapa tahun yang lalu.

Sumber: http://banjarmasin.tribunnews.com


Tinggalkan komentar